5 Tips Pro: Cara Memilih Hosting Yang Tepat

  • 6 min read
  • Jan 23, 2021

Artikel ini akan mengulas bagaimana cara memilih hosting yang tepat. Tujuannya adalah agar anda dapat membeli layanan hosting yang cocok sesuai kebutuhan.

Anda perlu berhati-hati ketika akan memilih layanan hosting. Hal itu karena layanan hosting tersebut yang nantinya akan menjadi ‘wadah’ atau ‘rumah bagi website Anda. Ada banyak hal yang Anda harus perhatikan dalam memilih hosting terbaik.

Untuk itu, di artikel ini akan membahas tentang cara memilih hosting yang tepat dan terbaik untuk Anda. Namun, sebelum itu mari ketahui pengertian hosting, jenis hosting hingga kriteria hosting terbaik. Maka dari itu, mari simak pembahasannya di bawah ini. 

Pengertian Hosting

Apa itu web hosting? Web hosting atau hosting merupakan tempat penyimpanan data dan file dari sebuah website. Penyimpanan ini bisa diakses serta dikelola lewat internet. File website disimpan di hosting adalah seperti gambar, video, email, aplikasi, script serta database. Lebih mudahnya seperti ini, bayangkan saja website Anda adalah bangunan.

Nah, bangunan tersebut akan dibangun atau didirikan di sepetak tanah. Satu petak tanah itulah yang disebut dengan Hosting. Bentuk real dari hosting sendiri adalah sebuah server yang berteknologi terbaik. Biasanya hosting disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting. Namun sebelumnya kenali bagaimana kriteria penyedia jasa layanan hosting yang sebaiknya anda gunakan.

Kriteria Penyedia Layanan Hosting Berkualitas

FULL SUPPORT” 24 Jam

Sangat disarankan pada Anda untuk memilih penyedia layanan web hosting yang mempunyai tim customer support yang berkualitas. Customer support yang ideal sendiri biasanya tersedia 24 jam. Dimana artinya, tim penyedia tersebut selalu siap sedia untuk membantu Anda maupun pengguna lainnya yang membutuhkan bantuan teknis.

Tidak hanya itu, tim tersebut juga harus bisa untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada Anda dan pelanggan lain dengan baik. Tim customer support pun harus mempunyai tingkat keramahan yang baik dan sopan dalam melayani pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tentang cara atau melalui apa Anda bisa untuk menghubungi penyedia web hosting. Penyedia layanan yang bagus dan berkualitas biasanya akan menyediakan banyak cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Mislnya melalui live chat, email, hingga panggilan telepon.

Mendapatkan Review Positif Dari Pelanggan

Ini adalah poin penting yang juga Anda harus ketahui. Dengan mendapatkan review atau ulasan yang positif dari para pelanggan, menandakan bahwa layanan mereka sangat berkualitas. Pelayanan yang dimaksud berupa pendaftaran akun, pembelian hosting/domain, sistem pembayaran dan lain-lain.

Biasanya para pelanggan akan memberikan ulasan sesuai pengalaman mereka bergabung dengan penyedia hosting tersebut. Ulasan pelanggan tersebut bisa memberikan Anda pandangan tentang pelayanan yang diberikan.

Menyediakan Garansi Uang Kembali

Anda perlu untuk memastikan apakah penyedia layanan web hosting yang akan dipilih dan digunakan menyediakan garansi atau tidak. Biasanya garansi yang ditawarkan adalah garansi uang kembali untuk menjamin kepuasan pelanggan.

Tentu dari sudut pandang para pelanggan, adanya fasilitas ini sangat menguntungkan. Karena penyedia menjamin jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa untuk melakukan klaim uang yang sudah Anda bayarkan.

Meski sudah banyak penyedia web hosting yang mempunyai kebijakan garansi, Anda hendaknya memilih syarat dan ketentuan yang tidak menyesatkan. Paling tidak Anda harus mengetahui dan memahami benar tentang hal tersebut.

Salah satu penyedia hosting yang menyediakan Garansi 30 Hari Uang Kembali adalah NIAGAHOSTER.

Selengkapnya mengenai penyedia hosting berkualitas bisa anda baca disini.

Mengenal Jenis-jenis Hosting

Layanan hosting sendiri ada beberapa jenisnya. Berikut adalah jenis layanan hosting bisa anda gunakan. 

  1. Shared Hosting.
  2. Cloud Hosting.
  3. VPS Hosting.
  4. Dedicated Hosting.
  5. WordPress Hosting.

Informasi selengkapnya mengenai jenis web hosting, bisa anda baca disini!

Tidak hanya pengertian dan jenis-jenis hosting yang harus Anda ketahui. Sebelum memilih hosting yang terbaik, namun kriteria hosting yang bagus juga perlu anda pahami. Hal itu karena akan mempengaruhi kinerja dari website Anda nantinya. Untuk itu, berikut ada sejumlah kriteria hosting bagus yang bisa menjadi bahan penilaian Anda ketika memilih web hosting. Mari simak pembahasannya di bawah ini!

Kriteria Hosting Terbaik

Supaya Anda tidak salah dalam memilih hosting, Anda harus mengetahui dan menetapkan kriteria web hosting yang terbaik, bukan? Maka dari itu, ada beberapa aspek yang harus Anda ingat dan terapkan ketika memilih hosting. Berikut aspek-aspek tersebut. 

  • Kecepatan / Speed: Anda harus memperhatikan mengenai berbagai faktor yang mendukung performa dari server. Misalnya saja storage, bandwith, serta plugin otomasi kecepatan situs atau website. 
  • Keamanan / Security: Anda perlu untuk memastikan web hosting bisa menjamin keamanan dari website atau situs Anda. Misalnya lewat proteksi malware serta DDoS, maupun SSL gratis. 
  • Support: Anda juga sangat perlu untuk mengetahui bagaimana layanan support yang ditawarkan oleh penyedia. Misalnya saja seperti phone support, 24 jam live chat, email dan lain sebagainya.
  • Scalability: Anda harus pastikan jika hosting memudahkan Anda untuk bisa berkembang. Misalnya, dengan adanya paket-paket yang ditawarkan dan sesuai kebutuhan Anda.

Hosting sendiri ada cukup banyak manfaatnya. Tentunya manfaat tersebut sangat membantu Anda dalam mengelola website yang dimiliki. Nah, apa saja manfaat hosting tersebut? Mari simak di bawah ini!

Manfaat Hosting

Tentunya penggunaan hosting akan memberikan manfaat bagi pemilik website. Berikut adalah beberapa manfaat hosting secara umum.

  • Data Tersimpan Secara Praktis
    Dengan adanya web hosting, semua data penunjang yang berkaitan dengan website akan dikumpulkan pada satu wadah. Dengan begitu akan membuat lebih hemat ruang penyimpanan. Tidak hanya itu, penggunaannya yang mudah dapat untuk diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan internet.
  • Kostumisasi Mudah
    Layanan web hosting bisa memberikan penggunanya kenyamanan karena punya kostumisasi yang mudah untuk dikelola lewat cPanel. CPanel ini bisa untuk digunakan dalam mengatur serta menambah berbagai fitur diinginkan ataupun dibutuhkan.
  • Hemat Tenaga dan Waktu
    Penyedia web hosting akan membantu Anda dalam mengelola server. Penyedia juga membantu dalam memfasilitasi dalam Anda memasarkan berbagai produk lewat situs atau website sebagai media online. Dengan begitu, para pembeli tidak harus mengunjungi atau datang ke toko lagi. Nah, hal inilah yang dapat menghemat tenaga dan waktu. 
  • Hemat Biaya
    Adanya layanan web hosting, Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli media penyimpanan yang banyak.
  • Membantu Pelestarian Alam
    Adanya web hosting juga dapat membantu dalam melestarikan Alam. Hal itu karena dengan adanya hosting, Anda dan pengguna website lainnya bisa untuk menghemat kertas maupun alat yang lainnya. Anda sekarang bisa menggantinya dengan menyebarkan informasi lewat perangkat elektronik dengan lebih mudah, cepat serta ramah terhadap lingkungan. Nah, itulah yang disebut ikut andil dalam program pelestarian alam.

Nah, setelah mengetahui semua hal di atas, mari ketahui cara memilih web hosting yang benar-benar tepat. Tentunya itu juga bisa menjadi tips bagi Anda yang masih kesulitan memilih web hosting yang bagus.

Berikut ini pembahasan mengenai cara memilih hosting yang tepat.

 

Cara Memilih Hosting
Memilih Hosting Sesuai Kebutuhan.

Cara Memilih Hosting Yang Tepat

Lantas bagaimana cara memilih hosting yang tepat? Untuk memudahkan Anda dalam memilih hosting, berikut kami berikan beberapa tips terbaik agar tidak salah pilih.

Cara Memilih Hosting Pertama: Tentukan Jenis Website Yang Akan Dibuat

Faktor pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih hosting adalah menentukan jenis website yang akan anda buat. Misalnya untuk blog pribadi atau untuk toko online. Tujuannya adalah agar anda dapat menyesuaikan spesifikasi hosting dengan website yang anda buat.

Jangan sampai anda membeli hosting dengan kapasitas besar namun hanya digunakan untuk blog pribadi. Atau sebaliknya, ketika anda membuat toko online, anda malah membeli hosting dengan kapasitas sedikit.

Selain itu anda harus mempertimbangkan fitur SSH dan Memcached sesuai kebutuhan. Selanjutnya pertimbangkan juga resource yang ada dalam Hosting seperti CPU, RAM, SSD Disk Space dan sebagainya.

Untuk informasi, layanan hosting hadir pada banyak paket pilihan untuk mengantisipasi hal seperti ini. Itu karena, setiap website atau situs mempunyai karakteristik berbeda berdasarkan jenis serta peruntukan. Misalnya saja jika Anda ingin membuat website untuk pribadi, Anda bisa menggunakan paket hosting yang harganya terjangkau seperti Shared Hosting.

Cara Memilih Hosting Kedua: Kenali Platform Yang Anda Butuhkan

Salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih hosting adalah platform yang disediakan untuk membuat website. Di Indonesia, umumnya website dibuat dengan WordPress sebagai platform-nya. Hal itu karena lebih mudah untuk digunakan serta SEO Friendly.

Tapi, sebenarnya tidak hanya WordPress saja yang bisa digunakan, namun masih banyak lainnya seperti Joomla, WIX dan lain-lainnya. Meskipun platform tersebut bisa berjalan pada layanan web hosting apapun paketnya, tapi sangat disarankan untuk Anda memilih paket sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Hosting Ketiga: Menentukan Lokasi Target Pengunjung

Dalam memilih hosting yang terbaik tentu tidak bisa dilepaskan dari keamanan data target pengunjung website serta kenyamanan. Apabila Anda mempunyai target pembaca atau pengunjung dari Indonesia, sebaiknya gunakan provider dengan data center di Indonesia. Hal itu karena selain akan mengurangi atau memangkas routing yang akan berpengaruh di kecepatan loading website.

Selain itu penggunaan hosting lokal akan mempermudah dalam menjalin komunikasi saat terjadi masalah. Memilih hosting dengan center di Indonesia dari segi keamanan serta teknologi juga tidak kalah canggih dengan hosting dari luar negeri. 

Cara Memilih Hosting Keempat: Menentukan Tipe Konten Yang Akan Disajikan

Tipe konten yang akan di sajikan dalam website juga sangat berpengaruh di dalam pemilihan hosting. Hal itu karena kebutuhan dari website yang dimuat dengan konten artikel akan berbeda jauh dengan website video streaming ataupun wallpaper. Untuk itu, Anda sebagai pemilik situs atau website harus mengetahui tujuan dari pembuatan website. Apakah ke depannya nanti akan diisi oleh konten yang berupa artikel tulisan atau konten lainnya. 

5. Cara Memilih Hosting Terakhir: Menentukan Anggaran

Sampai saat ini masih banyak orang yang anggapan jika web hosting yang paling bagus adalah web hosting yang harganya mahal. Padahal asumsi seperti itu tidak sepenuhnya benar. Sebab saat ini sudah banyak penyedia web hosting lokal ataupun luar yang menawarkan paket harga yang murah dan masuk akal. Namun begitu, Anda tetap perlu untuk memperhatikan anggaran yang akan digunakan sebelum memutuskan untuk memilih satu paket dan berlangganan.

Apabila Anda mempunyai dana yang terbatas, sebaiknya Anda memilih layanan yang menawarkan harga murah. Untuk alternatif yang lain, Anda bisa untuk membeli web hosting yang sistem pembayarannya adalah pay later. Selain itu, Anda juga harus tetap berhati-hati pada penawaran harga murah yang tidak masuk akal. Karena bisa saja itu hanya modus dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang berniat untuk menipu para pencari hosting website terbaik.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel tentang cara memilih hosting yang tepat diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Pertama, tentukan jenis website yang akan anda buat. Apakah untuk blog pribadi, toko online atau lain sebagainya.
  2. Kedua, kenali jenis platform yang anda butuhkan.
  3. Ketiga, tentukan lokasi target pengunjung website anda. Apakah lokal atau luar negeri.
  4. Keempat, tentukan tipe konten yang akan anda sajikan pada website anda.
  5. Terakhir, tentukan anggaran atau biaya yang akan anda keluarkan.

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai web hosting, mulai dari pengertian, jenis hosting hingga cara memilih hosting dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Skor Penilaian


5 bintang 0%
4 bintang 0%
3 bintang 0%
2 bintang 0%
1 bintang 0%

Ulasan dan Testimoni Konsumen

Belum ada ulasan untuk ditampilkan. Berikan ulasan anda agar konsumen lainnya mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Tambahkan ulasan / review / testimoni anda mengenai produk atau jasa ini. Atau jika Anda ingin bertanya, konsumen lain akan membantu menjawabnya.
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.