Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Jenis-jenis Hosting

  • 8 min read
  • Jan 22, 2021

Apakah Anda hendak membangun website atau blog untuk memulai bisnis toko online, layanan jasa, blogging ataupun untuk kebutuhan lain? Jika benar, maka anda harus mengetahui apa itu web hosting, jenis hosting yang cocok untuk kebutuhan anda serta cara memilih hosting.

Sebelum membangun sebuah website atau blog, ketahui dulu apa itu web hosting dan jenis-jenis hosting. Untuk itu Blog TopReview akan memberikan informasi terlengkap seputar web hosting tersebut.

Semisalnya untuk bisa membangun toko online sukses, maka Anda perlu memilih layanan web hosting yang tepat. Hal ini bisa diibaratkan saat Anda membuka toko secara konvensional. Di mana Anda membutuhkan lapak untuk berjualan.

Begitu pun dalam toko online, di mana Anda membutuhkan toko khusus sebagai tempat untuk menunjukkan produk apa saja yang ditawarkan. Sehingga, website-lah yang kemudian dianggap sebagai toko online Anda. Sedangkan web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, baik berupa teks, gambar, video, dan sebagainya.

Apa itu Web Hosting?

Dalam pembuatan website, maka akan semakin baik jika Anda mengetahui lebih jelas tentang apa itu web hosting. Web hosting adalah sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet dan digunakan untuk menyimpan data website supaya bisa diakses secara online. Semua informasi yang ada di website, maka akan disimpan dalam sebuah tempat yang disebut dengan server web hosting.

web hosting

Saat ada seorang pengunjung yang memasukkan alamat web Anda, maka berarti orang tersebut sedang meminta komputernya untuk menghubungkan web server. Web server akan mengirimkan informasi situs web ke komputer pengunjung agar bisa melihat situs web Anda dan menjelajahinya.

Alasan Harus Memiliki Web Hosting

Memiliki sebuah website, otomatis Anda juga harus memiliki domain dan hosting. Tanpa ada keduanya, maka website yang menjadi harapan Anda selama ini tidak akan bisa terwujud. Apalagi di era digital ini penggunaan website semakin gencar dan dirasa bisa memberikan dampak yang positif bagi suatu lembaga. Misalnya saja perusahaan, sekolah, toko online, maupun website pribadi.

Dengan adanya website-lah, maka akan tampak profesional. Hal ini bisa Anda bandingkan sendiri mana yang tampak profesional dan mana yang tidak. Antara fashionstory.blogspot.com dengan fashionstory.net. Tentu saja Anda akan lebih memilih fashionstory.net yang lebih kelihatan terpercaya.

Cara Kerja Web Hosting

Cara kerja dari web hosting ini sebenarnya tidak beda jauh dengan saat Anda sedang menyewa sebuah rumah. Di mana Anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya setiap satu bulan sehingga server bisa tetap bekerja. Diketahui bahwa sebagian besar perusahaan sudah menggunakan jasa web hosting untuk memaksimalkan performa website-nya. Dengan begitu, website Anda pun bisa dikunjungi oleh para pengguna internet di mana saja dan kapan saja.

Saat Anda mengakses sebuah situs web melalui browser, saat itu juga internet akan mentransfer permintaan akses pada server. Lalu, server akan mengirim informasi file yang telah diminta ke komputer melalui internet. Informasi file tersebut kemudian diterjemahkan oleh web browser ke dalam bentuk tulisan serta gambar.

Ketika Anda hendak mengakses suatu situs web, maka terlebih dahulu Anda harus mengetikkan alamat website pada browser. Lalu, perintah dari browser akan diteruskan oleh internet ke server hosting untuk dilakukan penyelesaiannya sesuai dengan permintaan.

Hasil yang didapat berupa tampilan gambar dan informasi website yang dilanjutkan oleh internet supaya bisa muncul di browser. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapat tampilan halaman website sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

Saat ini bukan hal yang sulit bagi Anda untuk bisa menemukan perusahaan web hosting. Apalagi di zaman sekarang semakin banyak yang menggunakan website, otomatis hal ini juga turut meningkatkan keberadaan perusahaan web hosting. Setiap perusahaan web hosting biasanya menyediakan berbagai jenis hosting. Berikut adalah beberapa jenis layanan hosting yang kerap digunakan oleh sebagian besar orang.

 

jenis hosting
Jenis-Jenis Web Hosting

Shared Hosting

Bagi Anda yang masih pemula dalam mengoperasikan website, maka akan lebih baik jika memilih Shared Hosting. Jenis hosting ini juga tepat sekali dipilih oleh website yang masih memiliki traffic rendah.

Dengan menggunakan Shared Hosting, layanan ini dikenal sebab kemudahan dalam pengoperasiannya. Di mana untuk pengelolaan dan konfigurasi server sudah ditanggung oleh pihak penyedia. Kemudian dari operasionalnya, Anda akan dibuat nyaman dengan panel kontrol yang mudah untuk digunakan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. sebab layanan hosting ini biasanya ditawarkan dengan harga yang ramah kantong.

Sayangnya, walaupun menawarkan harga yang terjangkau, Shared Hosting menggunakan sumber daya yang sangat terbatas. Jika terjadi overload maka akan berimbas pada website yang lain yang berada dalam server yang sama.

Cloud Hosting

Jika Anda memerlukan sumber daya yang lebih besar, maka Cloud Hosting adalah solusinya. Cloud Hosting memberikan Anda kemudahan dalam penggunaan serta menyediakan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih tinggi. Jika Anda menggunakan layanan web hosting ini, maka Anda bisa merasakan keunggulan dari segi mekanismenya. Di mana data website dari pengguna diduplikasi lalu disimpan pada beberapa server.

Jika salah satu server mengalami gangguan, maka server yang lain tidak akan terganggu tetapi diaktifkan agar website bisa terus berjalan. Sayangnya akses konfigurasi server tidak diberikan untuk Cloud Hosting dan biayanya yang tergolong tinggi.

VPS Hosting

Virtual Private Server (VPS) Hosting adalah pilihan untuk Anda yang menggunakan sumber daya besar. Anda juga memiliki kebebasan dalam menyesuaikan pengaturan server dengan kebutuhan. Bahkan diketahui bahwa VPS Hosting ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Cloud Hosting. Jika Anda menggunakan VPS Hosting, Anda bisa menikmati berbagai keunggulannya.

Anda bisa bebas memilih sistem operasi server, bebas menentukan jenis panel kontrol dan bebas mengubah berbagai pengaturan server hosting. Dan tentunya anda memiliki reputasi dari IP address website yang tidak akan terpengaruh oleh website lain.

Namun, dengan adanya keunggulan tersebut, itu berarti Anda harus bertanggung jawab dalam mengelola server tersebut. Sehingga pengetahuan yang dalam menjadi kunci utama untuk menggunakan jenis hosting ini.

Dedicated Hosting

Jenis layanan hosting lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Dedicated Hosting. Layanan ini adalah bentuk “upgrade” dari VPS Hosting yang memiliki kemampuan sama. Namun, dalam satu server hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika menggunakan Dedicated Hosting, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi downtime. Bahkan untuk kapasitasnya juga lebih besar dari layanan yang sebelum-sebelumnya. Sehingga cocok sekali digunakan oleh website yang memiliki banyak data dan pengunjung.

Namun, sama halnya dengan VPS Hosting yang mengharuskan Anda untuk memiliki pengetahuan mendalam untuk bisa mengelolanya secara maksimal. Selain itu, biayanya juga tergolong lebih mahal daripada layanan hosting yang lainnya.

WordPress Hosting

Salah satu layanan hosting generasi terbaru yakni WordPress hosting. WordPress hosting merupakan layanan hosting khusus pengguna CMS WordPress. Hosting yang satu ini dioptimalkan untuk meningkatkan page speed, keamanan serta memiliki resource limit yang terbatas.

Dengan adanya layanan ini, pengguna cukup fokus pada pembuatan konten dan meningkatkan SEO saja. WordPress hosting sudah di-manage oleh team ahli dari provider hosting. Untuk itu anda tidak perlu meragukan performanya.

Fitur Yang Ada Dalam Web Hosting

Dalam upaya mendukung website Anda, maka ada beberapa fitur yang disediakan oleh web hosting. Apa saja fitur-fitur tersebut?

Kecepatan

Agar tidak mengecewakan para pengunjung yang hendak datang ke website Anda, maka website haruslah memiliki page speed yang cepat. Hal ini agar pengunjung tidak perlu menunggu lama dan tentunya sangat berpengaruh pada user experience (UX).

Jangan sampai mereka memiliki pengalaman yang buruk dan di kemudian hari tidak ingin datang lagi ke website Anda. Di samping itu, Google juga akan menilai kecepatan website untuk bisa menilai kualitas website tersebut. So, jika website Anda lambat, maka hal ini akan berdampak buruk untuk SEO Anda yang lain.

Bandwidth

Bandwidth merupakan ukuran jumlah data yang selalu berdatangan dari situs ke pengunjung dalam beberapa waktu tertentu.

Jika Anda mengoperasikan situs dengan lalu lintas ratusan pengunjung perhari, maka Anda cukup menggunakan bandwidth dari Shared Hosting.

Namun, jika situs Anda telah memiliki pengunjung mencapai ribuan atau ratusan ribu per hari, maka anda harus menambah bandwidth. Disini anda bisa menguprade hosting ke yang lebih tinggi.

Penyimpanan

Penyimpanan ini bergantung pada bandwidth. Diketahui bahwa beberapa paket yang disediakan adalah dengan menawarkan kapasitas penyimpanan. Sebagai saran, akan lebih baik jika Anda tidak mencoba-coba untuk menggunakan akun web hosting yang penyimpanan hosting-nya terlalu besar.

Karena hal ini akan berdampak pada ketidakefisienan penggunaan uang. Jika pun Anda memerlukan file media yang besar, maka bisa dengan menggunakan layanan yang lain. Misalnya untuk video bisa menggunakan YouTube.

Skalabilitas

Bagi Anda yang baru saja membuat website, masalah yang kerap dialami adalah ketidaktahuan dalam menentukan kebutuhannya yang spesifik. Meskipun bisa menentukan, namun hal tersebut biasanya hanya berupa terkaan saja. Oleh karena itu, hal yang perlu Anda perhatikan ketika mendapat jenis hosting adalah mengetahui seberapa mudahnya untuk melakukan upgrade.

Waktu Untuk Membeli Web Hosting

Untuk memiliki web hosting tentunya sudah harus Anda pertimbangkan secara matang. Di mana Anda harus memastikan bahwa biaya yang Anda keluarkan tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Begitu juga dengan layanan web hosting yang dipilih juga bisa bekerja sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Jika Anda sudah benar-benar siap untuk mengelola sebuah website, maka saat itulah Anda bisa mulai membeli web hosting. Atau Anda juga bisa membelinya ketika hendak mengubah blog pribadi Anda yang berupa “blogspot” maupun “wordpress” menjadi website profesional.

Website yang profesional akan lebih banyak dilirik dan dipercaya oleh para pengguna internet yang dirasa bisa memenuhi kebutuhan secara baik. Bahkan website yang profesional juga mampu meningkatkan peluang untuk bisa berada di posisi teratas dalam mesin pencarian Google.

Meskipun hosting sendiri diibaratkan seperti sepetak tanah, namun Anda memiliki kesempatan untuk bisa memilih kapasitas hosting sesuai kebutuhan. Ada banyak kapasitas hosting yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan web hosting. Mulai dari yang 300 MB sampai 48 GB. Bahkan Anda bisa memiliki 5 website dalam 1 hosting atau memiliki email dengan nama domain yang profesional.

Hosting Indonesia VS Hosting Luar Negeri

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih apakah akan menggunakan hosting Indonesia atau hosting luar negeri? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

Hosting Lokal VS Hosting Luar
Hosting Lokal VS Hosting Luar

Penggunaan Bahasa

Ketika Anda meletakkan file website ke hosting luar negeri, otomatis bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Sehingga Anda haruslah siap untuk mendapatkan informasi, fitur, dan sebagainya terkait hosting dengan menggunakan Bahasa Inggris. Berbeda dengan hosting Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang memang sudah Anda pahami dengan baik.

Metode Pembayaran

Antara hosting Indonesia dengan luar negeri tentunya memiliki perbedaan dalam hal metode pembayaran. Di mana jika menggunakan hosting Indonesia, maka Anda bisa melakukan pembayaran melalui beberapa metode. Metode pembayaran tersebut yakni membayar langsung dengan cash di kantor, transfer, virtual account, kartu kredit, dan PayPal.

Sedangkan jika menggunakan hosting luar negeri, maka Anda hanya bisa membayarnya melalui kartu kredit, debit card, maupun PayPal. Untuk pembayaran hosting luar negeri ini tergolong lebih terbatas daripada hosting Indonesia.

Target Pasar Website

Jika website Anda diakses oleh pengguna di seluruh dunia, maka Anda bisa menggunakan web hosting Indonesia maupun hosting luar negeri. Namun, jika website Anda hanya diakses oleh pengunjung dari Indonesia saja, maka Anda bisa memilih hosting Indonesia saja. Apalagi saat ini ada banyak sekali hosting terbaik Indonesia yang bisa Anda andalkan.

Cara Memilih Penyedia Web Hosting Yang Berkualitas

Untuk bisa mendapatkan penyedia web hosting yang berkualitas, berikut ini adalah cara memilih yang tepat.

Memilih Penyedia Web Hosting

Cek Teknologi Yang Digunakan

Cara memilih penyedia web hosting yang pertama adalah pastikan Anda melihat teknologi server seperti apa yang digunakan. Kenali juga spesifikasi hostingnya, teknologi untuk menyimpan file, apakah memiliki unlimited bandwidth, besarnya kapasitas email, keamanan, fitur, dan sebagainya. Semua hal tersebut harus Anda perhatikan dengan baik.

Membaca “Review Customer

Cara memilih penyedia web hosting yang kedua adalah jangan lewatkan untuk membaca ulasan /  review dari para customer. Hal ini bisa memberikan Anda pandangan tentang pelayanan yang diberikan.  Review ini juga memberikan informasi tentang solusi yang bisa diberikan saat ada gangguan atau ketika website tidak bisa diakses. Dan yang paling penting adalah untuk mengetahui apakah server kerap down atau tidak. Jangan sampai Anda memilih penyedia hosting yang tidak bertanggung jawab.

Tersedianya “FULL SUPPORT” 24 Jam Dan Dokumentasi

Cara memilih penyedia web hosting yang ketiga adalah memperhatikan layanan support dan dokumentasi. Penyedia layanan web hosting yang terbaik tentunya memiliki tim support yang siap melayani selama 24 jam untuk membantu setiap customer. Bahkan ada beberapa cara untuk bisa membantu customer, seperti melalui live chat, email, maupun berbagai media sosial.

Selain itu, adanya dokumentasi juga sangat dibutuhkan dalam upaya memberi kemudahan pada customer. Baik ketika melakukan pemesanan hingga pengaturan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan hosting.

Harga Dan Metode Pembayaran

Cara memilih penyedia web hosting yang terakhir yakni memeriksa harga dan metode pembayaran yang tersedia. Sebelum Anda benar-benar membelinya, maka cek terlebih dahulu harganya. Jangan sampai Anda terkecoh and justru dirugikan.

Anda bisa memanfaatkan harga promo yang biasanya disediakan setiap bulan. Ini akan sangat menguntungkan Anda. Lalu, pastikan jika penyedia web hosting yang Anda pilih memberikan beberapa pilihan metode pembayaran. Sehingga Anda pun bisa menyesuaikannya.

Setelah anda tahu cara memilih penyedia hosting berkualitas, selanjutnya anda bisa memilih layanan hosting yang anda butuhkan. Selengkapnya tentang cara memilih hosting sesuai kebutuhan bisa anda baca DISINI.

Kini Anda pasti sudah tahu tentang apa itu hosting. So, jika Anda hendak membuat website, maka tidak akan bingung lagi untuk memilih jenis hosting yang akan digunakan.

Skor Penilaian


5 bintang 0%
4 bintang 0%
3 bintang 0%
2 bintang 0%
1 bintang 0%

Ulasan dan Testimoni Konsumen

Belum ada ulasan untuk ditampilkan. Berikan ulasan anda agar konsumen lainnya mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Tambahkan ulasan / review / testimoni anda mengenai produk atau jasa ini. Atau jika Anda ingin bertanya, konsumen lain akan membantu menjawabnya.
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.